Advertisements

6 Cara Mengatasi Baju Rajut yang Melar

Sumber: Wolipop

Rajut merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk pembuatan baju. Baju rajut sangat cocok digunakan pada musim hujan atau dingin yang bisa menghangatkan tubuh. Namun, baju rajut membutuhkan perawatan ekstra ketimbang bahan lainnya. Bahannya yang mudah melar bahkan bisa rusak jika dicuci dengan cara yang tidak tepat. Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang 6 cara mengatasi baju rajut yang melar sebagai berikut:

1. Hindari mencuci menggunakan mesin cuci

Jika baju rajut anda mulai melar, maka sebaiknya hindari proses mencuci menggunakan mesin cuci. Sebab, jika dicuci menggunakan mesin cuci baju rajut anda bisa mengalami tarikan yang kencang, apalagi jika terbelit dengan pakaian yang lain. Hal ini akan menjadikan serat rajutnya semakin renggang. 

Agar lebih aman sebaiknya mencuci secara manual menggunakan tangan, namun hindari mengucek yang terlalu keras. Apabila nodanya cukup banyak dan membandel, sebelum mengucek rendam dengan air dingin dan deterjen dalam waktu lama. 

2. Jangan menyimpan baju rajut dengan cara digantung

Sumber: BP Guide

Menggantung baju rajut menggunakan bahan gantungan baju terutama yang berbahan kawat tipis akan membuat seratnya semakin longgar. Maka dari itu, baju rajut sebaiknya disimpan dalam bentuk terlipat. 

Ketika menjemur hindari penggunaan gantungan baju, terlebih jika baju rajut anda dalam keadaan basah. Pasalnya, bahan rajut memiliki daya serap air yang sangat kuat. Jadi, jika dijemur dengan cara digantung dalam keadaan basah, maka konsentrasi air akan terpusat di bagian bawah, hal ini tentunya bisa membuat bagian atasnya semakin melar lantaran tertarik ke bawah.  

3. Gunakan mesin pengering suhu tinggi

Perlu diketahui bahwa suhu yang tinggi bisa membuat serat kain mengerut dan melar. Nah, sebagai solusinya anda bisa coba menggunakan mesin pengering suhu. 

Jadi, jika anda menggunakan mesin cuci yang kebetulan terdapat fitur pengering dengan suhu tinggi, maka anda masukkan baju rajut setengah basah ke dalamnya. Lalu semprot baju rajut anda yang melar dengan sedikit air. Pastikan semua permukaannya basah, namun tidak sampai basah kuyup. 

Setelah itu, masukkan ke dalam pengering, atur waktu pengeringan kurang lebih selama 10-15 menit. Apabila baju rajut anda masih belum menyusut ke ukuran yang semula, maka ulangi lagi proses ini 1-2 kali. 

Advertisements

4. Rendam dalam air panas

Namun, jika mesin cuci anda tidak memiliki fitur pengering suhu tinggi, maka anda bisa coba merendamnya dalam air panas. 

Caranya pun sangatlah mudah. Anda panaskan air terlebih dahulu hingga benar-benar mendidih. Setelah mendidih, matikan api kemudian masukkan baju rajut anda ke dalam panci. Jika ukuran panci anda terlalu kecil, maka pindahkan air panas ke baskom atau ember, kemudian rendam baju rajut anda. 

Rendam baju rajut anda kurang lebih selama 5-10 menit, lalu angkat dan peras dengan perlahan baju rajutnya. 

Selanjutnya, jemur baju rajut dengan cara membentangkannya di atas handuk atau lap di permukaan yang datar. Ingat jangan digantung karena hal itu akan membuat baju rajut anda semakin melar.

5. Menyimpan baju rajut dalam freezer

Mengatasi baju rajut yang melar juga bisa dilakukan dengan cara menyimpannya di dalam freezer.

Caranya adalah cuci baju rajut anda terlebih dahulu, kemudian peras perlahan dan tiriskan sebentar sampai tidak air yang menetes. Lalu masukkan ke dalam plastik bersih, kemudian simpan di dalam freezer selama beberapa jam.

6. Perbaiki bagian yang rusaknya

Sumber: republika

Baju rajut terkadang melar di bagian tertentu. Jika bagian yang melar sedikit, anda bisa memperbaikinya dengan mudah. Caranya adalah tutup bagian yang rusak menggunakan emblem atau potongan kain. Tentunya hal ini akan memberi variasi yang unik. Selain itu, anda juga bisa memperbaiki serat yang melar menggunakan jepit rambut berbentuk lidi. 

Baca juga: Suku Dengan Populasi Terbanyak di Indonesia

Advertisements