Tas Kulit Kesayangan Mulai Berjamur, Begini Cara Mudah Membersihkannya

Aktivitas Anda saat ini mungkin cenderung menurun. Semua produk fashion juga jarang digunakan. Oleh karena itu, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk merawat tas kulitnya. Selain itu, Anda yang berencana memiliki tas kulit juga harus memperhatikan perawatannya karena perawatan tas kulit tidak boleh sembarangan. Berikut adalah cara merawat tas kulit yang tepat agar awet:

 

  • Gunakan dust bag

Leather Bag Care: How To Keep Hermès & More In Top Resale Condition

 

Saat toppers membeli tas kulit, biasanya mereka mendapatkan dust bag. Dust bag merupakan penutup tas yang berguna untuk melindungi tas kulit dari berbagai jenis debu. 

Agar tas kulit lebih tahan lama, Anda disarankan untuk menggunakan kantong debu pada tas kulit. Namun perlu diperhatikan juga bahwa tas kulit membutuhkan udara, keluarkan setiap 2 minggu sekali agar tidak lembab atau berjamur ya.

 

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Hunt

 

Saat menyimpan atau bepergian, usahakan agar tas kulit Anda tidak terlalu lama terkena sinar matahari. Hal ini dapat membuat tas kulit Anda lebih rapuh dan kusam. 

Jika tas kulit Anda basah, Anda bisa mengeringkannya, bersihkan bagian yang terkena air atau gosok dengan kain kering. Ingat jangan sampai kering ya.

 

  • Gunakan Pelembab Khusus

Moisture Barrier Bags

 

Tas kulit juga membutuhkan udara agar tidak lembap. Hilangnya kelembapan hanya akan menyebabkan tas kulit Anda menjadi kaku, kusut, dan mengelupas. 

Selain pelepasan sesekali, Anda juga bisa merawat tas kulit dengan pelembab khusus. Kebanyakan moisturizer ini juga bisa menghilangkan goresan di tas kulit Anda, bikin tas kulit jadi lebih adem dan lembut. 

 

  • Bersihkan dengan rutin

Now DIY Clean Leather Bag Easily At Home

 

Untuk melindungi tas kulit dari berbagai jenis kotoran dan debu, penting bagi Anda untuk membersihkannya secara rutin. Caranya mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu membersihkannya dengan kapas atau kain lembut.

Akan lebih baik jika Anda bisa menggunakan kain microfiber. Menggunakan kain kasar hanya menciptakan tekstur. Selain itu, jangan bersihkan noda minyak dengan air karena dapat merusak serat tas kulit Anda. Anda dapat melakukan ini seminggu sekali, tidak apa-apa.

 

  • Ditempatkan dengan Benar 

Ini Cara Menyimpan Tas yang Benar! | Rumah dan Gaya Hidup | Rumah.com

 

Saat menyimpan tas kulit, jangan sembarangan menyimpannya. Anda dapat memasukkannya ke dalam lemari dan tidak disarankan untuk menumpuknya dengan tas atau barang lainnya.

Karena jika Anda menumpuk tas kulit Anda dengan barang-barang lain, itu hanya akan kusut. Selain itu juga menjadi sulitnya udara masuk ke dalam kantong sehingga mudah rusak, lembab dan berjamur. 

 

  • Gunakan bag pillow atau bubble wrap 

Ini Alasan Kenapa Orang Suka Memencet Bubble Wrap, Ternyata Bermanfaat -  Citizen6 Liputan6.com

 

Selama masa pandemi, tas kulit Anda akan jarang digunakan sehingga mudah melengkung. Jika Anda menumpuknya dengan barang lain untuk mempertahankan bentuk dan struktur tas kulit Anda, Anda dapat menempatkan bantal atau bubble wrap di dalam tas. 

Namun jika Anda tidak memiliki kedua bagian tersebut, alternatifnya adalah menggunakan kain lembut atau kain plastik.

 

  • Meski dalam keadaan mendesak, mohon untuk tidak menggunakan tisu basah atau cuka atau cairan kimia lainnya 

Tas atau Sepatu Mahal Terkena Noda? Jangan Lap dengan Tisu Basah -  aura.co.id

 

Kandungan cairan dapat merusak tas kulit. Anda hanya perlu membersihkan tas kulit seminggu sekali dengan mencampurkan sabun cair secukupnya dengan air hangat, gunakan kain putih yang lembut agar warna tidak pudar dan tas kulit kesayangan Anda menjadi kotor.

 

  • Jangan Mencuci dengan Deterjen

Tips Dan Cara Membersihkan Tas Kulit Yang Kotor Akibat Berbagai Noda -  Biopolish, Finishing, Perawatan Kayu dan Perawatan Bahan Kulit

 

Tas kulit tidak cocok jika dibersihkan dengan deterjen yang terlalu kuat. Residu sabun yang dihasilkan oleh deterjen dapat menyumbat pori-pori tas dan membuat tekstur tas menjadi kering dan pecah-pecah, sehingga mudah dibersihkan.

Baca Juga: 5 Gaun Pengantin yang Modern dan Elegan