Perawatan kulit wajah memang termasuk salah satu artikel seputar gaya hidup wanita yang paling banyak diminati. Soalnya wajah yang sehat juga merupakan salah satu tanda bahwa kita telah menjalankan pola hidup yang sehat. Nah, untuk merawat wajah, kita sebenarnya tidak perlu bertumpu pada merek-merek tertentu atau klinik kecantikan tertentu. Ada cara-cara sederhana yang bisa kita terapkan untuk tetap mendapatkan perawatan wajah sehingga kulit wajah tetap sehat dan bersih.

Kondisi dan penampilan wajah kita memang dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya seperti lingkungan, kondisi medis, pertambahan usia, serta cara kita merawat wajah. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melakukan perawatan wajah dengan tepat. Selain dapat mencegah timbulnya masalah kulit seperti kulit kusam, keriput, jerawat, garis halus, serta noda hitam, wajah yang dirawat juga akan lebih bersih, awet muda, serta berseri. Tidak heran, kita juga bisa tampil secara lebih percaya diri.

Sudah bukan rahasia lagi jika tampilan kulit mencerminkan kondisi kesehatan tubuh kita. Jadi, untuk memastikan kulit tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Menggunakan sabun pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit
Setiap orang tentunya memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Misalnya saja, kita memiliki jenis kulit yang normal. Namun, mungkin kerabat dan teman kita memiliki kulit yang kering, berminyak, sensitif, atau bahkan kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Perbedaan jenis kulit ini harus kita perhatikan sehingga kita bisa memilih produk perawatan yang sesuai.

Bagi yang memiliki kulit kering dan sensitif, maka disarankan untuk memilih produk sabun pembersih berbahan lembut serta memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit. Bukan hanya itu saja, pastikan juga bahwa sabun tersebut tidak memiliki alkohol maupun wewangian lainnya. Sementara bagi yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk memilih pembersih muka berbahan dasar lembut sehingga dapat melembabkan wajah tanpa membuatnya menjadi berminyak. Salah satu contoh bahan pembersih yang satu ini ialah bahan pembersih yang mengandung gliserin.

Apabila kita rentan memiliki komedo dan jerawat, disarankan untuk memiliki produk yang non comedogenic. Hal ini akan membantu kita untuk tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

2. Membersihkan wajah secara rutin
Salah satu hal penting yang dapat kita lakukan untuk merawat wajah ialah dengan membersihkannya. Supaya tetap bersih, cucilah wajah dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Ketika kita membersihkan wajah di pagi hari, kita dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin menempel ketika kita sedang tidur.

Sementara menjelang tidur, wajah kita juga perlu dibersihkan dari make up, debu, dan polusi yang menempel selama kita beraktivitas. Apabila diperlukan, cobalah untuk membersihkan wajah setiap kali kita selesai melakukan aktivitas yang menyebabkan kita menjadi berkeringat, misalnya ketika kita selesai berolahraga. Keringat dan minyak berlebihan pada wajah dapat menyumbat pori yang nantinya memicu adanya komedo dan jerawat.

3. Membersihkan wajah secara benar
Kita tidak cukup membersihkan wajah secara teratur saja. Karena untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, kita harus melakukannya secara benar. Sebelum membersihkan wajah, awali dengan menggunakan air hangat. Kemudian, gunakan sabun cuci muka dan wajah bisa dibersihkan dengan melakukan pijatan lembut yang melingkar menggunakan ujung jari. Setelah itu, wajah dapat kita bilas dengan air dan kemudian dikeringkan dengan menepuk wajah secara perlahan dengan handuk bersih.