Kecantikan

Tips Merawat Kuku Agar Tetap Cantik

Advertisements

Memiliki kuku yang cantik dan sehat bukan hanya diperlukan untuk membuat tampilan semakin prima, namun juga membuat rasa percaya diri kita menjadi semakin meningkat. Maka dari itu, artikel seputar gaya hidup wanita juga memperlihatkan bagaimana perlunya merawat kuku agar tetap sehat, kuat, serta berkilau. Kuku yang cantik pada dasarnya bukan hanya bisa kita wujudkan melalui perawatan di salon, tetapi juga melalui perawatan alami di rumah.


Seperti yang kita tahu, kuku menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan menjadi tempat berkembangnya kuman. Oleh karena itu, kita memerlukan perawatan yang tepat agar kuku tetap cantik dan terhindar dari risiko penyakit.
Apalagi, tangan kita menjadi salah satu bagian tubuh yang paling sering kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Beberapa contohnya ialah untuk mengetik memegang barang, serta memasak di dapur. Maka dari itu, kita harus memastikan kebersihan dan kesehatan kuku tetap terjaga. Mari kita simak bersama-sama bagaimana cara merawat kuku agar kuku kita tetap cantik.

1. Memotong kuku secara teratur
Kebiasaan untuk memotong kuku secara teratur pada dasarnya bisa membantu kita untuk terhindar dari risiko kuku patah. Jadi, kuku bisa tetap kuat. Apalagi, kuku yang panjang juga memicu adanya gangguan kesehatan. Ketika kita memotong kuku, ada baiknya kita menggosok dengan lembut bagian tepi kuku. Hal ini bertujuan untuk menghindari kulit terluka ketika bersentuhan.

2. Kuku harus dalam keadaan bersih dan kering
Setelah kita mencuci tangan dan melakukan kegiatan yang membuat tangan kita basah, maka kita perlu mengeringkan terlebih dahulu tangan kita. Begitu juga dengan kuku dan sela-sela kuku. Cara ini sangatlah penting untuk memastikan kuku tidak terinfeksi oleh jamur dan bakteri. Kemudian, ketika mencuci piring, gunakanlah sarung tangan karet sehingga kuku dapat terhindar dari paparan bahan kimia yang keras dan berbahaya.

Advertisements

3. Menggunakan pelembab pada kutikula
Ketika kita melakukan perawatan kuku, pastikan juga untuk merawat bagian kutikula dengan memberikan pelembab. Akan tetapi, perlu kita ingat bahwa kita tidak boleh merawat kutikula secara berlebihan. Jangan mendorong atau mengupas kutikula karena hal ini bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi oleh jamur atau bakteri.

4. Tidak terlalu sering mengecat kuku
Mengecat kuku memang bisa membuat kuku semakin cantik. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa kita tidak boleh terlalu sering mengecat kuku. Soalnya, penggunaan cat kuku secara terus-menerus bisa menyebabkan kuku menjadi mudah rapuh. Ada baiknya, kita membatasi penggunaan cat kuku dengan jeda sekitar seminggu sebelum menggunakan cat yang baru. Selain cat kuku, hendari juga penggunaan pembersih cat yang mengandung aseton karena dapat membuat kutikula dan kulit di sekitar kuku menjadi kering.

5. Memilih salah kuku yang tepat
Apabila kita ingin melakukan perawatan kuku di salon, pastikan untuk memilih salon kuku yang berlisensi dan terjaga kebersihannya. Hal ini penting untuk menghindari adanya kemungkinan infeksi bakteri dan jamur pada kuku ketika melakukan manikur dan pedikur yang tidak tepat.

6. Mengonsumsi suplemen biotin
Ketika kita memiliki kuku yang remah dan rapuh, ada baiknya kita melakukan konsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan suplemen biotin yang berfungsi untuk memperkuat kuku. Biotin sendiri merupakan salah satu jenis vitamin B yang berfungsi memperkuat rambut maupun kuku. Bukan hanya itu saja, biotin juga efektif untuk membantu fungsi sistem saraf pada tubuh. Selain pada suplemen, kita dapat menemukan biotin pada makanan, misalnya kacang-kacangan, ikan sarden, dan telur matang.

Advertisements
farahdahliamin

Share
Published by
farahdahliamin

Recent Posts

5 Outfit Jalan Jalan Kasual yang Wajib Kamu Coba!

Memilih outfit untuk jalan-jalan kasual bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu ingin tampil stylish…

2 days ago

Apa Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan? Pahami Konsepnya!

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua konsep yang sering digunakan secara bergantian dalam berbagai konteks, terutama…

4 days ago

5 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan, Liburan Tanpa Gangguan!

Mabuk perjalanan bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan, terutama saat Anda sedang dalam perjalanan…

2 weeks ago

Temukan Waktu Olahraga Terbaik untuk Maksimalkan Manfaatnya!

Pernahkah kamu merasa energi terkuras dan tubuh lemas di tengah hari? Atau kamu ingin meningkatkan…

3 weeks ago

Tempat Thrifting di Jakarta Paling Populer untuk Berbelanja!

Bosan dengan gaya yang monoton? Ingin tampil beda dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan? Tempat Thrifting…

4 weeks ago

Outfit Anak Jaksel, Gaya Kekinian untuk Generasi Z!

Anak Jaksel, sebuah istilah yang tak asing lagi bagi mereka yang mengikuti tren fashion di…

1 month ago