Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Ada Benjolan di Ketiak? Simak 7 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Cara alami menghilangkan benjolan di ketiak ini bisa kamu coba sebagai langkah awal mengatasi benjolan. Sebagian besar orang kerap merasa khawatir saat muncul benjolan di ketiak mereka. Tumbuhnya benjolan yang tidak lazim itu kerap dianggap sebagai awal mula akan munculnya tumor atau kanker. 

Terjadinya benjolan di ketiak adalah karena kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Terdapat banyak hal yang menyebabkan terjadinya benjolan di ketiak. Biasanya, terjadinya kondisi tersebut menyebabkan sakit dan terasa lunak, berwarna merah, dan terasa cukup panas dibandingkan dengan kulit normal. 

Saat benjolan di ketiak terasa sakit, biasanya kamu juga akan mengalami demam. Jika pembengkakan kelenjar getah bening terjadi karena infeksi, maka rasa sakit yang kamu alami akan hilang saat infeksi berhasil disembuhkan. 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan benjolan di ketiak secara alami, yaitu dengan menggunakan obat tradisional ala rumahan. Penasaran kan? Berikut 7 cara menghilangkan benjolan di ketiak secara alami yang mudah dan ampuh :

1. Menggunakan Air Hangat

Pengobatan dengan air hangat merupakan jenis pengobatan alami yang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan benjolan di ketiak akan hilang.

Kamu cukup merendam handuk kedalam mangkuk berisi air panas lalu peras. Setelah itu, kompreskan pada area yang bengkak kurang lebih selama 10 hingga 15 menit. 

2. Menggunakan Jus Lemon

Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat baik dan memiliki banyak sifat anti inflamasi. Jus lemon membantu mengurangi benjolan di ketiak yang menyakitkan dan menyembuhkanya. Metode penyembuhannya sama persis dengan metode penyembuhan menggunakan air hangat. 

3. Menggunakan Bawang Putih

Untuk menghilangkan benjolan di ketiak, kamu juga bisa menggunakan bawang putih karena mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Bawang putih akan membantu membuang infeksi yang menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Bumbu dapur ini juga merupakan agen detoksifikasi yang hebat. 

Cukup hancurkan 2 hingga 3 siung bawang putih, lalu siram dengan air di pagi hari. 

4. Menggunakan Jus Semangka

Kandungan antioksidan yang kaya pada buah semangka bisa membantu detoksifikasi darah dan menghilangkan benjolan di ketiak. Buah ini juga bisa menurunkan pembengakakan dengan membersihkan tubuh kamu dari semua racun berbahaya. 

Untuk hilangkan benjolan dari ketiak, minum jus semangka dingin setiap pagi. 

5. Menggunakan Pala

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dimiliki pala akan membantu untuk mengurangi rasa sakit. Bumbu dapur ini juga akan membantu tubuh untuk melawan infeksi serta pembengkakan yang disebabkan karena bakteri. 

Cukup tambahkan 1 sendok teh madu dan ½ sendok teh bubuk pala dalam segelas air hangat, lalu aduk rata. Minumlah air hangat secara instan dan ulangi cara ini sekali sehari. 

6. Menggunakan Kunyit

Kunyit yang banyak digunakan dalam hidangan India ini bisa meningkatkan warna dan rasa masakan. Bumbu dapur ini juga dikenal karena sifat antiseptik, antibakteri, serta anti-peradangannya. Sifat – sifat tersebut bisa membantu meringankan benjolan di ketiak yang menyakitkan dan mengurangi pembengkakan. 

Cukup campurkan satu sendok teh bubuk kunyit kedalam secangkir susu panas, dan minumlah campuran ini setiap hari. 

7. Menggunakan Vitamin A

Vitamin A memegang peranan langsung serta berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Vitamin A membantu dalam fungsi limfosit dan saat tubuh kamu tidak mendapatkan jumlah vitamin A yang mencukupi, serta sistem kekebalan tubuh berisiko, sehingga kemungkinan meningkatkan infeksi. 

Kamu bisa kombinasikan wortel dan pepaya kedalam diet harianmu. Kamu bisa menjadikannya sebagai camilan tengah hari untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Itulah beberapa cara alami menghilangkan benjolan di ketiak yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Pengertian Penebalan Dinding Rahim, Penyebab dan Cara Mengatasinya