cara-meningkatkan-kesuburan-pada-pria

Fashionku.net – Kehadiran seorang bayi sangat diharapkan oleh pasangan suami istri. Untuk mendukung hal itu, kesuburan pria dan wanita pun ikut berperan. Ngomong-ngomong soal kesuburan pria, tentunya hal ini berkaitan dengan kualitas sperma yang baik.

Memiliki kualitas sperma yang baik bagi seorang pria, terutama yang sudah menikah tentulah menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena dengan memiliki kualitas sperma yang baik, selain untuk meningkatkan performa terbaik soal urusan sex juga bisa mempengaruhi kehamilan bagi istrinya. Karena sperma yang sehat merupakan salah satu cara cepat hamil bagi istri.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kesuburan pada pria? Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan:

Jaga pola makanan, jangan sembarangan!

Sama seperti kaum wanita, kaum pria juga disarankan untuk tidak sering mengkonsumsi makanan instan. Sebaiknya Anda harus lebih banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan dari hewani yang dimakan secara langsung setiap harinya.

Karena semua jenis makanan tersebut mengandung vitamin B 12 yang berfungsi untuk melindungi sperma dari luka serta stres oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain makanan yang mengandung vitamin B, makanan yang mengandung vitamin C juga bisa meningkatkan produksi sperma, tergantung dari banyaknya jumlah konsumsi setiap harinya. Dan manfaat serupa juga bisa anda peroleh dari jenis kacang-kacangan.

Makanan lain yang bisa bermanfaat untuk kesehatan sperma adalah likopene, karena likopene ini bisa mengurangi reactive oxygen species (ROS) yang bisa merusak sperma dan DNA. Likopene ini banyak terdapat pada sayur berwarna merah dan buah-buahan.

Berikut ini makanan lainnya yang dapat meningkatkan kesuburan pria:

  • Zinc

Kandungan zinc ini merupakan bahan mineral yang sangat penting bagi kesehatan organ vital pada pria. Karena zinc ini berfungsi untuk meningkatkan produksi sperma, pertumbuhan testis, dan metabolisme tertosteron. Kandungan zinc ini akan terbuang pada saat ejakulasi, oleh seba itu zinc ini harus selalu tergantikan. Dan hindari mengkonsumsi alkohol karena bisa mengurangi penyerpan zinc ke tubuh serta bisa meningkatkan jumlah zinc yang terbuang melalui air seni.

  • Kalsium

Zat kalsium ini bisa melindungi tubuh dari efek-efek bahaya yang bisa merusak fungsi sperma. Sehingga kesehatan serta kualitas sperma anda tetap terjaga dengan aman. Adapun zat kalsium ini bisa anda dapatkan di : produk berbahan dasar susu rendah lemak, seperti keju, susu, yogurt. Selain itu kalsium ini banyak terdapat pada ikan dengan tulang yangb bisa dimakan seperti ikan sarden, dan ikan bilis. Dan juga terdapat pada roti yang mengandung kalsium, tahu, tempe, dan susu kedelai.

Gunakan celana dalam yang tepat dan nyaman

Dalam hal ini, menurut sebuah riset kesehatan di tahun 2018, disebutkan bahwa pria yang menggunakan celana boxer bisa menghasilkan sperma 17% lebih banyak. Namun hasil ini sangat berbeda dengan riset tahun 2016 yang menyatakan, bahwa jumlah sperma sama pada pria pengguna boxer maupun brief. Akan tetapi, hasil riset tersebut tidak langsung diterima begitu saja. Karena dianggap peneliti tersebut tidak meneliti faktor lain yang bisa berpengaruh pada produksi sperma, misalnya bahan serta model pakaian dalam tersebut. Oleh karena itu, dengan pertimbangan tersebut, penggunaan brief ini masih aman untuk dipakai pria.

Bagi para kaum pria yang ingin meningkatkan kesuburannya, beberapa cara meningkatkan kesuburan pada pria di atas bisa Anda coba. Semoga dengan semakin baiknya kualitas sperma, maka kemungkinan istri untuk segera hamil semakin besar.

Baca juga: 9 Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh, Intip Yuk Apa Saja!