manfaat-daun-sirih-bagi-wanita

Fashionku.net – Tentunya menjaga kesehatan organ intim atau Miss V adalah suatu kewajiban bagi semua kaum wanita.

Soalnya, jika asal-asalan dan tidak menjaga kebersihan serta kesehatan organ intim yang satu ini, jangan aneh kalau di kemudian hari akan muncul berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan.

Ngomong-ngomong soal perawatan dalam menjaga kesehatan Miss V, untuk sebagian besar kaum hawa ini tentunya sangat familiar dengan bahan alami daun sirih. Ya. Karena daun sirih ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan organ intim wanita.

Namun tidak dipungkiri pengetahuan sebagian wanita tentang manfaat daun sirih untuk organ intim ini biasanya hanya terbatas pada manfaat berupa menjaga supaya Miss V tetap keset, resik atau selalu wangi.

Padahal masih banyak manfaat daun sirih bagi wanita lainnya yang bisa didapatkan. Hal ini dijelaskan oleh dr. Grace Hananta C.Ht, sebagai dokter Holistik.

Pada dasarnya daun sirih yang diaplikasikan dalam bentuk produk sehari-hari atau yang dikonsumsi langsung, contohnya air rebusan daun sirih ternyata memiliki manfaat lainnya untuk organ kewanitaan ini yakni bersifat sebagai proteksi.

“Daun sirih itu manfaat khususnya ya itu, untuk mengurangi pertumbuhan jamur, bakteri dan virus,” kata dr. Grace, Jumat (3/5/2019). dalam acara bertajuk “Grand Launching Softex Daun Sirih-Jagain Kamu Dari Badai” di kawasan Jakarta Barat.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyarankan untuk menjaga asupan makanan yang bisa memicu pertumbuhan jamur di Miss V sebagai upaya perlindungan terhadap organ intim. Jadi, bukan hanya sekedar memanfaatkan daun sirih semata.

“Jaga asupan makanan perlu, perlu tahu ada makanan yang memang memicu tumbuhnya jamur. Misalnya makanan-makanan manis, itu kan mengandung gula dan itu bisa keluar melalui air seni. Lebih berisiko tumbuhnya jamur di orang yang ounya diabetes. Makanan instan juga, itu dapat mengganggu pH area kewanitaan. Efeknya misalnya lebih cepat keputihan, dan keputihannya berbau tak sedap,”

Baca juga: Cara Memuaskan Suami Agar Suamimu Semakin Lengket di Rumah!

Tentunya timbulnya keputihan merupakan hal alami yang bisa terjadi pada seorang wanita. Ketika kamu mengalami keputihan bisa jadi itu merupakan masa subur kamu atau sebagai cara alami tubuh menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan. Jadi jangan khawatir kalau kamu mengalami keputihan.

Ketika wanita mengalami keputihan, cairan yang diproduksi oleh kelenjar dari vagina dan leher rahim ini akan keluar membawa sel yang sudah mati dan juga bakteri. Mekanisme alami ini terjadi agar kesehatan vagina tetap terlindungi dari infeksi.

Namun, banyak wanita merasa khawatir dengan dampak keputihan yang bisa muncul seperti gatal, dan berbau. Yuk lakukan cara mengatasi keputihan berikut agar organ kewanitaan anda tetap bersih dan sehat.

Keputihan yang dialami wanita terkadang disertai dengan gatal-gatal. Ada yang terasa sedikit gatal, bahkan gatal yang tak tertahankan. Hal ini biasanya terjadi karena organ kewanitaan kurang bersih ketika membersihkannya. Lalu baimana cara mengatasi keputihan ini?

Mengatasi Keputihan Dengan Daun Sirih

Cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih vagina yang menggunakan ekstrak sirih. zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur.

Caranya pun mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari. Mudahkan?

Selain untuk mengatasi keputihan, daun sirih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memebersihkan organ kewanitaan. Cukup rebus daun sirih dan diamkan hingga dingin lalu gunakan air rebusan itu untuk membersihkan organ intim. Namun, cara ini hanya boleh kamu lakukan sebanyak 2 kali seminggu.

Baca juga: Pengertian Penebalan Dinding Rahim, Penyebab dan Cara Mengatasinya