Advertisements

Urutan Suku Dengan Populasi Terbanyak di Indonesia

Sumber: Gramedia.com

Tentunya kita semua sudah tahu, bahwa negara Indonesia kaya akan keberagaman budayanya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Indonesia memiliki lebih dari 1.340 suku bangsa yang berbeda lho. Dari ribuan suku tersebut, ternyata ada beberapa suku dengan populasi terbanyak di Indonesia. Suku mana sajakah itu?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Suku Jawa

Sumber: Kompas.com

Suku Jawa menempati urutan pertama sebagai suku dengan jumlah populasi paling banyak di Indonesia. Berdasarkan dari hasil sensus penduduk pada tahun lalu, tercatat setidaknya ada sekitar 95 juta jiwa Suku Jawa yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Bahkan, ada kemungkinan angka tersebut terus mengalami peningkatan hingga tahun ini. Sehingga tak heran jika orang-orang Jawa bisa kita jumpai dengan mudah di berbagai daerah Indonesia. 

Menariknya lagi, ternyata Suku Jawa akan dikelompokkan yang berdasarkan tempat perantauannya, seperti suku Osing, Samin, Nagaring, Tengger, Boyan, Naga, dan lain sebagainya. 

Tak hanya di dalam negeri, bahkan tak sedikit pula orang-orang dari Suku Jawa yang bermigrasi ke Malaysia hingga Suriname. 

2. Suku Sunda

Sumber: Detikcom

Menurut informasi yang didapat, jumlah orang dari Suku Sunda yang tersebar di seluruh Indonesia mencapai angka 38 juta jiwa. 

Itu artinya, 15 persen dari total keseluruhan penduduk Indonesia adalah Suku Sunda. Adapun mengenai jumlah Suku Sunda yang paling banyak bermukim di provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. 

Dilihat dari seni dan budayanya, sekilas budaya Suku Sunda memang tidak berbeda jauh dengan suku Jawa. Ya, sebab kedua suku tersebut sama-sama berasal dari Pulau Jawa. 

Namun, ada beberapa seni yang menjadi ciri khas dari Suku Sunda, seperti angklung, tari jaipong, dan tari topeng. 

3. Suku Batak

Sumber; Kompas.com

Di urutan ketiga ada Suku Batak yang memiliki populasi sekitar 8,5 juta jiwa, atau setara dengan 3,58 persen dari total penduduk di Indonesia. 

Advertisements

Suku yang mendiami Provinsi Sumatera Utara ini memang terkenal dengan jiwa perantau. Hal itu terbukti, yang mana orang-orang dari Suku Batak tak sulit untuk kita jumpai di berbagai daerah Indonesia. 

Suku Batak akan dikelompokkan menjadi beberapa kategori, mulai dari Batak Pakpak, Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Angkola, Batak Karo, dan Batak Mandailing. 

Uniknya lagi, pada setiap kategori Suku Batak tersebut mempunyai nama marga tersendiri sebagai ikatan tali persaudaraan. 

4. Suku Madura

Sumber: Travel Kompas

Meski ukuran pulaunya tidak terlalu besar, nyatanya jumlah Suku Madura di seluruh Indonesia tidak bisa dianggap remeh lho. 

Bagaimana tidak? Sebab populasi Suku Madura mencapai 7,1 juta jiwa, atau setara dengan 2,88 persen dari total penduduk di Indonesia. 

Dalam catatan sejarah, Suku Madura terbentuk dari campuran suku-suku di Indonesia yang didatangkan ke wilayah Batavia pada zaman penjajahan Belanda. 

5. Suku Sulawesi

Sumber: Tambah Pintar

Populasi suku berikutnya yang paling banyak di Indonesia, yakni Suku Sulawesi yang mencapai sekitar 7 juta jiwa. 

Jadi, jumlah tersebut setara dengan 3 persen dari total penduduk Indonesia. Jumlah ini juga mencakup seluruh suku yang mendiami pulau Sulawesi, seperti suku Makassar, suku Bugis, suku Minahasa, dan suku Gorontalo. 

6. Suku Betawi

Sumber: EGINDO

Populasi Suku Betawi diperkirakan mencapai 6,8 juta jiwa, atau yang setara dengan 2,88 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. 

Itu dia pembahasan singkat mengenai suku dengan populasi paling banyak di Indonesia. 

Baca juga: Jangan Lakukan, Ini Bahaya Tradisi gebrak Bayi!

Advertisements