belanja online 2

Pria dan belanja online adalah dua hal yang sepertinya jarang dikaitkan. Pasalnya, hanya wanita yang sering dibicarakan jika berkaitan dengan belanja online. Pada artikel kali ini, kita akan membahas keterkaitan antara gender pria dan belanja online. Ada beberapa fakta menarik, lho. Berikut ini 5 fakta menarik tentang pria dan belanja online. Check this out, guys !

Pria Belanja Online, Ini Fakta Menarik Tentangnya

  1. Pria melakukan belanja online (online buying), bukan online shopping

Tahukah kamu apa perbedaan mendasar dari shopping dan buying? Shopping dilakukan dengan menjelajah toko / mall untuk memperoleh informasi, baik harga maupun kualitas barang. Sedangkan, buying berarti aktivitas pergi ke toko / mall dengan tujuan berbelanja, baik barang yang akan ia beli sudah ada di pikiran atau belum. Lalu, apa hubungannya dengan pria? Ada salah satu judul menarik di Indian Journals, yaitu “Men buy, women shop”. Jurnal ini menjelaskan tentang perbedaan perilaku belanja antara pria dan wanita. Kesimpulan dari jurnal tersebut ialah wanita merupakan pembeli yang lebih cerdik daripada pria karena mereka rela menghabiskan waktu untuk memperoleh informasi mengenai barang yang akan dibelinya. Sebaliknya, jika pria telah menemukan barang yang (menurutnya) bagus, maka mereka tidak akan menjelajah toko lagi untuk membandingkan produk. Sederhananya, ketika pria sudah ‘sreg’ dengan sesuatu, maka ia tidak akan pindah ke lain hati.

  1. Pria lebih banyak melakukan belanja online di ponsel daripada wanita

Riset yang dilakukan oleh BI Intelligence menyebutkan bahwa 22% pria belanja online menggunakan ponsel. Sedangkan, wanita hanya 18%. Untuk rincian persentase belanja online di ponsel milik pria dan kategori barang adalah sebagai berikut : barang elektronik – 27% , makanan dan minuman – 13%, tiket nonton – 23%, dan konten digital – 30%. Sedangkan, rincian persentase belanja online di ponsel milik wanita dan kategori barang adalah sebagai berikut : barang elektronik – 8% , makanan dan minuman – 8%, tiket nonton – 11%, dan konten digital 20%.

  1. Pria memiliki orientasi tujuan yang jelas saat belanja online

Ketika beli barang secara online, pria sudah memiliki tujuan yang jelas mengenai barang yang akan dibelinya. Jadi, dapat dikatakan bahwa mereka lebih konsisten dan tidak terlalu terpengaruh pada promo & diskon yang ditawarkan. Jika mereka sudah berencana beli barang A, maka mereka akan tetap membeli barang A. Meskipun barang B, C, dan D memiliki harga miring dan menawarkan diskon besar-besaran.

  1. Pria cenderung membeli barang yang berharga mahal di toko online terbaik

Meskipun pria tidak mennginvestasikan waktunya untuk shopping (mengeksplorasi toko), mereka punya pemikiran matang bahwa harga tidak akan menghianati kualitas. Jika kualitas barangnya bagus, tentu harga jauh lebih mahal dibandingkan barang lainnya. Oleh karena itu, alih-alih investasi waktu dan tenaga untuk shopping, pria langsung terjun ke barang yang memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang lebih mahal tentunya.

  1. Pria suka beli barang-barang yang berkaitan dengan fashion di toko online terbaik

Siapa bilang pria hanya membeli barang-barang teknologi di toko online? Ternyata, pria juga senang membeli barang fashion di toko online. Survei yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa 83% pembeli sepatu online di Inggris adalah pria.