krim pemutih

Di jaman yang serba canggih dan modern ini, bukan hanya wanita saja yang tertarik pada krim pemutih instan, laki-laki pun mulai banyak yang memperhatikan penampilan mereka dan ikut melirik produk ini. Kemudahan dalam mendapatkan produk krim pemutih instan yang murah meriah menjadikan produk ini sebagai salah satu produk online terlaris saat ini. Bayangkan saja, jika Kamu harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk memutihkan wajah dan tubuh Kamu dibandingkan dengan harga krim pemutih instan yang harganya hanya puluhan hingga ratusan ribu saja, tentu Kamu lebih memilih yang murah, bukan? Apalagi produk krim pemutih instan ini super duper cepat cara kerjanya, hanya dalam 2-4 minggu saja, bahkan ada yang memberikan efek hanya dalam hitungan hari dan Kamu sudah mendapatkan kulit putih sempurna layaknya bintang film.

Eits, tapi tunggu dulu. Meskipun sangat laris di pasaran, ternyata tidak semua krim pemutih instan itu baik untuk kulit Kamu. Sebagian besar dari poduk krim pemutih instan justru mengandung bahan yang sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang, bahkan dapat mengakibatkan kematian. Sebagian besar krim pemutih instan yang beredar di pasaran adalah krim pemutih glowing. Krim jenis ini memberikan hasil kulit tampak lebih cerah dan putih hanya dalam waktu 4-6 minggu saja. Krim pemutih glowing yang memiliki kinerja lebih cepat ini biasanya mengandung hidroquinon, salah satu bahan dalam kosmetik yang sampai saat ini masih memicu berbagai pro-kontra di kalangan pengguna dan pembuat produk kosmetik.

Hidroquinon adalah salah satu zat berbahaya yang dapat mencegah produksi dari hormon tirosinase. Hormon tirosinase berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menciptakan melanin yang menjadikan kulit menjadi lebih gelap dari warna aslinya. Dengan dihambatnya hormon ini, kulit tidak lagi dapat membentuk melanin sehingga kulit pun jadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Gejala awal yang biasanya ditunjukkan akibat paparan sinar matahari adalah iritasi kulit, kemerahan atau kering pada kulit yang disertai dengan sensasi terbakar dan kesemutan pada kulit. Bukan hanya menyebabkan kerusakan pada kulit saja, penggunaan jangka lama produk yang mengandung hidroquinon dapat menyebabkan kerusakan kulit permanen, kanker darah, serta gangguan hati dan ginjal.

Tips Membeli Krim Pemutih Yang Aman

Begitu banyaknya efek buruk yang ditimbulkan krim pemutih instan yang mengandung bahan berbahaya harusnya menjadi peringatan bagi kita semua dalam memilih produk krim pemutih instan. Berikut adalah beberapa tips cermat dalam memilih produk krim pemutih instan yang aman:

  1. Perhatikan tanggal kadaluarsa : sangat penting untuk mengecek tanggal kadaluarsa dari setiap produk yang kamu inginkan. Produk yang kadaluarsa dapat merusak kulit bahkan menyebabkan keracunan.
  2. Perhatikan kode BPOM : kode BPOM menandakan bahwa produk yang kamu beli telah dijamin keamanan dan kualitasnya oleh pemerintah.
  3. Perhatikan komposisi produk : beberapa produk memiliki kandungan yang berbahaya seperti merkuri, sebaiknya kamu selalu rajin mengecek komposisi produk sebelum membelinya.
  4. Perhatikan tekstur krim pemutih : krim pemutih yang bertektur lengket dan berbau tajam sebaiknya dihindari karena kemungkinan besar merupakan produk palsu atau berbahaya.

Itulah beberapa tips memilih krim pemutih instan yang aman dan berkualitas. Banyaknya produk krim pemutih instan yang tidak aman dan beredar bebas di pasaran tentunya membuat para pembeli menjadi bingung untuk memilih produk yang aman.