Macam-Sholat-Sunnah-dalam-islam

fashionku.net – Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat bagi umat Muslim untuk mengumpulkan tabungan pahala. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan macam-macam sholat sunnah. Sholat sunnah merupakan ibadah yang dikerjakan diluar shalat wajib lima waktu. Kamu boleh dikerjakan dan boleh juga meninggalkannya. Jika dikerjakan akan mendapat pahala, namun jika tidak dikerjakan juga tidak akan berdosa. Meski hukum sholat ini tidak wajib, namun setiap shalat sunnah tentu memiliki banyak keutamaan. Berikut 9 macam sholat sunnah dalam islam yang bisa dikerjakan untuk meningkatkan pahala dan amal ibadah :

1. Shalat Sunnah Rawatib

Shalat rawatib adalah shalat sunnah yang paling umum dan paling sering dipraktekkan. Shalat sunnah rawatib terbagi menjadi dua jenis yaitu shalat sunnah rawatib qabliyah (sebelum shalat wajib) dan shalat sunnah ba’diyah (sesudah shalat wajib). 

Kamu bisa kerjakan shalat ini kapanpun, sebelum atau sesudah shalat wajib, kecuali dua waktu yaitu sesudah shalat subuh dan juga sesudah shalat ashar. 

2. Shalat Sunnah Wudhu

Sesuai namanya, sholat sunnah wudhu ini dikerjakan setelah kamu mengambil wudhu dan sebelum mengerjakan shalat utama (contohnya sebelum shalat Isya). Shalat sunnah wudhu dikerjakan dengan jumlah dua rakaat. 

3. Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid 

Shalat Tahiyatul Masjid dikerjakan dengan tujuan menghormati masjid sebagai tempat ibadah dan juga rumah Allah SWT. Kamu bisa kerjakan sholat sunnah ini kapanpun saat berada di masjid. Namun shalat ini hanya boleh dikerjakan sebelum iqamah dikumandangkan. 

4. Shalat Sunnah Dhuha

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pagi hari antara mulai dari pukul 08.00 hingga 11.00 siang. Sholat sunnah ini bisa dikerjakan dengan jumlah dua hingga 12 rakaat. Dari beberapa macam sholat sunnah yang ada, shalat dhuha dikenal memiliki keutamaan serta manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan, shalat dhuha memiliki keutamaan yang disebut-sebut lebih baik dari dunia dan seisinya. 

Baca Juga : 5 Hal yang Dilakukan Setelah Doa Sholat Tahajud

5. Sholat Sunnah Tahajud

Shalat Tahajud merupakan satu diantara berbagai shalat sunnah dengan keutamaan yang agung. Shalat sunnah ini dikerjakan disepertiga malam terakhir atau antara pukul 01.00 hingga menjelang shalat subuh. Kamu juga tentu sudah cukup tahu kan mengenai shalat tahajud ini? 

6. Shalat Sunnah Istikharah

Berbeda dengan macam-macam sholat sunnah lainnya, tujuan utama mengerjakan shalat istikharah adalah untuk memohon pertolongan pada Allah SWT. Kerjakan shalat Istikharah dan memohon petunjuk Allah jika kamu sedang merasa bingung dan bimbang untuk mengambil keputusan. 

Kamu bisa kerjakan shalat sunnah ini kapanpun, namun waktu utamanya yaitu di sepertiga malam sama seperti waktu pelaksanaan shalat tahajud. 

7. Shalat Sunat Hajat

Kamu bisa kerjakan shalat hajat saat memiliki sebuah keinginan atau permohonan. Shalat sunnah ini dapat dilakukan kapanpun selain di waktu-waktu yang terlarang dengan jumlah 2 hingga 12 rakaat. 

8. Shalat Sunnah Tarawih 

Shalat tarawih merupakan salah satu macam sholat sunnah yang dikerjakan khusus hanya pada bulan Ramadhan saja. Shalat sunnah ini sebagai pengganti shalat tahajud, sehingga umat Muslim diperkenankan untuk tidak mengerjakan shalat Tahajud kembali. Shalat tarawih biasanya dikerjakan dengan jumlah 11 dan atau 23 rakaat. 

9. Shalat Sunnah Taubat

Sesuai dengan namanya, tujuan mengerjakan shalat sunnah ini adalah untuk memohon ampunan atas segala dosa serta kesalahan dari Allah SWT. Shalat sunnah taubat dapat dikerjakan antara dua hingga enam rakaat. 

Itulah 9 Macam Sholat Sunnah dalam islam yang dapat meningkatkan pahala amal ibadah kamu, yuk lebih giat dalam beribadah