cara membedakan lipstik

Lipstik merupakan salah satu kosmetik wajib bagi wanita dalam kesehariannya. Bagi seorang wanita, mempunyai berbagai macam lipstick dengan warna yang berbeda dalam satu waktu merupakan hal yang wajar. Menggunakan warna yang berbeda setiap harinya menjadi kebiasaan sehari-hari, bahkan lipstik seperti nyawa bagi seorang wanita.

Begitu banyaknya jenis-jenis lipstik saat ini membuat kita sering bingung untuk memilih produk. Tapi tahukah kamu bahwa banyak terdapat produk lipstik yang mengandung bahan berbahaya? Bahkan produk berbahaya ini beredar dengan bebas dan sangat laris di pasaran. Salah satu bahan berbahaya yang sering kita temukan pada lipstik yang beredar di pasaran adalah timbal. Timbal digunakan pada lipstik untuk membuat lipstik di bibir menjadi lebih tahan lama dan tahan air.

Beredarnya lipstik yang mengandung bahan berbahaya seperti timbal sangat bertentangan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1175/Menkes/Per/VIII/2010 Tahun 2010 tentang Izin Produksi Kosmetika. Pelarangan penggunaan timbal pada kosmetik didasarkan pada efek yang ditimbulkan oleh bahan ini. BPOM juga telah mengumumkan batas jumlah timbal yang diperbolehkan dalam kosmetik di Indonesia harus berada di bawah 20 ppm, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran justru memiliki kandungan timbal yang melebihi ambang batas, termasuk lipstik.

Produk berbahaya yang mengandung timbal ini didominasi oleh produk ilegal yang berasal dari luar negeri yang tidak terdaftar di BPOM. Bahkan kalaupun didaftarkan ke BPOM, kebanyakan dari produk tersebut tidak lulus uji kelayakan produk kosmetik karena banyaknya kandungan zat yang berbahaya di dalamnya.

Timbal adalah salah satu zat logam yang bersifat kurang reaktif. Paparan timbal bisa didapat dari lipstik yang tertelan, saat pemakai menjilat bibir maupun langsung menyerap ke lapisan kulit pada bibir. Kandungan timbal yang masuk dan terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada ginjal, sistem kekebalan tubuh, gangguan syaraf bahkan bagi ibu hamil dan menyusui yang sangat rentan pada timbal, dapat berakibat buruk pada tingkat IQ dan perilaku bayi.

Kamu dapat menghindari produk yang mengandung bahan timbal dengan mengenali ciri-ciri kosmetik dengan bahan berbahaya tersebut. Timbal merupakan bahan logam yang bereaksi dengan emas, sehingga untuk mengetahui keberadaan timbal dalam lipstik yang akan kita beli adalah dengan menggunakan emas. Goreskan lipstik di punggung tangan kamu, lalu gosokkan perhiasan emas dengan kadar minimal 18 karat ke goresan lipstik tadi. Jika goresan lipstik berubah warna menjadi kehitaman maka dipastikan lipstik tersebut mengandung timbal. Perhatikan pula kemasan produk yang akan kamu beli. Lipstik yang berkualitas biasanya memiliki kotak dan penjelasan mengenai produknya menggunakan bahasa Indonesia.

Menjadi cantik itu memang perlu tapi tetap waspada dan berhati-hatilah setiap kamu membelanjakan uang untuk kecantikan. Jadikan bibir kamu tak hanya cantik berwarna tapi juga sehat dan aman. Untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman, kamu bisa beli lipstik favorit kamu di online shop kepercayaanmu. Ada banyak penjual terekomendasi yang menyediakan berbagai macam merek lipstik dengan harga yang bersaing.